Tips Menghemat Kuota Data Internet di Smartphone Android

Provider Seluler - Kuota Data Internet sangat diperlukan untuk dapat menjalankan aplikasi yang memerlukan koneksi internet. Bahkan, terdapat aplikasi yang secara diam-diam memerlukan jaringan internet meskipun tidak kita buka aplikasi tersebut.

Apa jadinya jika smartphone yang sobat gunakan justru malah boros kuota data internet? Mungkin ada beberapa hal yang perlu sobat lakukan agar smartphone sobat lebih hemat kuota data internet. Berikut adalah Tips Menghemat Kuota di Smartphone dengan operating system Android.

Hemat Kuota Data Internet

Matikan Background Data

Inilah yang sebelumnya ane bahas, yaitu aplikasi yang berjalan secara diam-diam. Ada beberapa aplikasi di smartphone sobat yang berjalan di background. Hal ini pasti membuat baterai dan kuota smartphone sobat cepat habis.

Supaya lebih hemat, sobat bisa mematikan fitur Restrict Background Data dengan cara masuk ke Settings > Data Usage dan tap aplikasi yang mau sobat matikan background data-nya agar tidak berjalan ketika aplikasi tidak digunakan.

Matikan Data Seluler di Aplikasi Spesifik

Jika kuota sobat sudah tipis, cara agar kuota sobat tidak cepat habis adalah dengan menonaktifkan data seluler untuk setiap aplikasi yang menyedot banyak kuota.

Caranya, sobat tinggal pergi ke Settings > Data Usage dan pilih aplikasi yang data seluler-nya ingin sobat matikan. Gampang bukan?

Matikan Widget

Selain memakan memori, ternyata beberapa Widget sebuah aplikasi dapat menghabiskan kuota smartphone sobat. Meskipun kuota yang disedot tidak terlalu banyak, namun ini terasa juga buat sobat yang kuotanya sudah menipis.

Selain menyedot data dan daya, dengan tidak adanya widget, home screen smartphone sobat akan terlihat lebih bersih.

Update Aplikasi hanya Menggunakan Wi-Fi

Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur update aplikasi menggunakan Wi-Fi di Google Play. Karena jika tidak sobat aktifkan, jika terdapat aplikasi yang membutuhkan update, Google Play akan langsung me-download file update-an walaupun sobat tidak tersambung ke jaringan Wi-Fi.

Ukuran file yang di-download pastinya juga tidak sedikit dan akan menghabiskan kuota smartphone yang sobat miliki.

Streaming YouTube

Jika sobat ingin menonton sebuah video di YouTube tapi sobat tidak mempunyai banyak kuota, sobat bisa mengakalinya dengan mengatur kualitas video YouTube jadi kualitas terendah, atau sobat bisa menyimpannya untuk dilihat secara offline.

Dengan mengubah video yang ingin kamu tonton menjadi kualitas terendah, kuota yang tersedot untuk menonton video tersebut juga semakin sedikit.

Matikan Data Seluler Saat Menggunakan Aplikasi Free

Jika sobat lebih memilih menggunakan aplikasi gratisan dengan adanya iklan di dalamnya, sobat tetap bisa berhemat kuota.

Caranya adalah dengan menon-aktifkan data seluler atau mengikuti cara ke-dua untuk aplikasi tersebut jika aplikasi tersebut dapat digunakan tanpa menggunakan data seluler.

Gunakan Aplikasi Pengendali Kuota

Datally, adalah sebuah aplikasi besutan raksasa teknologi, Google, yang mampu memonitor penggunaan internet sobat. Untuk lebih lengkapnya, sobat dapat membaca artikel ‘Datally, Aplikasi Pengendali Kuota Data Internet agar lebih Hemat”.

Itulah beberapa tips hemat kuota yang bisa sobat gunakan agar kuota di smartphone sobat tidak cepat habis. Semoga Bermanfaat.